Kampus Amerika Sharjah Yaitu institusi koeducatif berdiri sendiri serta tidak mencari keuntungan, yang berdasar pada institusi pendidikan tinggi Amerika. Kampus ini adalah kampus coeducational komprehensif terpenting di Teluk, serta melayani siswa dari lokasi ini serta dari semua dunia. AUS mempunyai tujuan untuk jadi pemimpin daerah dalam pendidikan tinggi, yang di kenal dengan kelebihan serta inovasi dalam pengajaran, evaluasi, riset serta service. 

Kampus Amerika Sharjah terdapat 16 km. (10 mil) dari pusat kota Sharjah serta sekitaran 25 km. dari emirat tetangga Dubai. Sharjah yaitu pusat perdagangan global serta kota belajar serta seni, seperti di konfirmasi oleh penunjukan UNESCO th. 1998 jadi Ibukota Kebudayaan Dunia Arab. 

Pada musim gugur 2016, ada 6. 200 siswa yang tercatat di AUS. Ini termasuk juga 429 lulusan serta 5. 402 mahasiswa S1. Rasio siswa yaitu 50, 4 lelaki serta 49, 6 wanita. AUS mempunyai persentase siswa internasional yang lebih tinggi dari pada institusi posisi dunia yang lain, menurut satu analisa data Times Higher Education. Sekitaran 84 % tubuh mahasiswa kampus terbagi dalam siswa internasional, yang mewakili lebih dari 100 kebangsaan. 

Anggota fakultas kami mempunyai pengalaman mengajar serta riset sepanjang bertahun-tahun serta kwalifikasi titel dari sebagian kampus paling bergengsi didunia. Ini termasuk juga Kampus Harvard, Kampus Yale, Kampus Cambridge, Kampus Oxford, Kampus Stanford, Kampus Brown serta Kampus Princeton, untuk sebagian nama. Sekitaran 92 % fakultas penuh saat memegang titel terminal, sesaat 81 % memegang titel PhD. 

AUS lakukan yang paling baik untuk meyakinkan kalau fasilitas keuangan tidak jadi penghambat untuk siswa berkwalitas untuk memperoleh pendidikan paling baik yang layak mereka peroleh. Beragam jenis hibah, beasiswa serta peluang belajar untuk ke-2 mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana di tawarkan untuk menolong mereka membiayai pendidikan mereka. Beasiswa yang di tawarkan diantaranya : 

Hibah Keuangan (pengurangan 5-50 % untuk uang sekolah, cost lab serta akomodasi dengan) untuk siswa sarjana penuh saat dengan sumber keuangan terbatas yang dapat dibuktikan. 

Baca : Biaya Kuliah UNSOED, Jurusan Di UNSSOED, Fakultas Di UNSOED

Kampus itu juga berikan penghargaan pada beberapa asisten lulusan lulusan pascasarjana yang penuhi prasyarat. Asisten lulusan meliputi cost kuliah (dari 33-100 % kemudahan cost kuliah) serta upah bulanan sepanjang semester reguler. Graduate assistantships dapat berbentuk Graduate Research Assistantship atau Graduate Teaching Assistantship. Graduate Research Assistantships berikan siswa peluang untuk meningkatkan pengalaman riset dengan bekerja sama juga dengan anggota fakultas tentang aktivitas riset. Lewat Asisten Pengajaran Pascasarjana, siswa memperoleh pengalaman berkaitan pengajaran lewat pekerjaan paruh saat di tempat seperti asisten lab. Keduanya diberi dengan kompetitif, semester-demi-semester. 

Satu diantara feature AUS yang paling perlu serta populer yaitu kehidupan kampusnya yang dinamis serta dinamis. Kampus ini tawarkan sarana asrama siswa lengkap, komplek olah raga serta gym. Sarana yang lain termasuk juga pusat kesehatan, apotek, bank, kantor pos, salon tukang cukur, salon wanita, toko buku, gerai makan serta dua toko serba ada. 

Ruangan tempat tinggal berikan siswa rumah, bersantai, olahraga serta belajar dengan nyaman. University Health Centre sediakan beragam service termasuk juga perawatan rawat jalan, pendidikan kesehatan, konseling psikologis serta service ambulans/darurat. Sarana olah raga AUS jadi tuan-rumah beragam kesibukan atletik yang rekreasi serta kompetitif. 

Kompleks Olah Raga menghadirkan bola basket dalam ruang, bola voli, bola tangan, bulutangkis, lapangan tenis dalam ruang di samping kolam renang dalam ruang Olimpiade 50 mtr., lapangan squash, pusat kesehatan serta ruangan latihan.